Minggu, 16 Februari 2014

Sejarah Sepak Bola

Tahukah anda, bagaimana sejarah sepak bola yang biasa dimainkan atau ditonton?? padahal siapa yang tidak kenal sepak bola saat ini, salah satu jenis olahraga permainan yang telah mendunia, bahkan kejuaraan sepak bola dunia menjadi ajang yang sangat di tunggu-tunggu seantero dunia. Sepak bola yang menjadi olahraga seluruh penduduk dunia ini, memiliki sejarah permainan sepak bola yang membawanya, sampai menjadi ajang yang bisa menjadi pemersatu bangsa di dunia. Simak artikel ini selengkapnya.

Sejarah Sepak Bola

Saat ini permainan sepak bola, tidak hanya sebagai olahraga semata namun menjadi icon dalam berbagai sisi kehidupan. Permainan sepak bola yang kita mainkan saat ini, menyimpan sejarah sepak bola sempat diperdebatkan oleh beberapa pihak, ketika mulai diperbincangkan asal mula lahirnya permainan sepak bola ini. Terdapat beberapa pandangan tentang sejarah olahraga sepak bola yaitu :
  • Pada sebuah buku berjudul The World Game: A History of Soccer karangan Bill Muray, menyebutkan bahwa sepak bola sudah dimainkan sejak awal Masehi, orang-orang di era Mesir Kuno yang dimainkan dengan menendang bola dari buntalan kain linen.
  • Lalu pada sejarah Yunani kuno mencatat permainan yang dinamakan “Episcuro” sebutan untuk permainan bola kuno yang ada pada relief dinding museum yang menceritakan anak muda yang memainkan bola dengan pahanya seperti pada sejarah candi borobudur.
Dalam beberapa referensi yang menjelaskan tentang asal mula sepak bola tersebut, banyak menyebutkan sepak bola berasal dari negeri Tiongkok. Kemudian badan sepak bola dunia yakni FIFA memberikan pernyataan resmi bahwa daerah daratan Cina sebagai tempat lahirnya sepak bola sebagai permainan rakyat yang sudah ada sejak abad ke-2 hingga ke-3 sebelum Masehi. Yang permainan ini dikenal dengan sebutan “tsu chu “.
Sekitaran waktu di masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, penduduk Cina telah melakukan permainan bola tersebut. Di lihat dari arti kata “Tsu” sendiri berarti menerjang bola dengan kaki. sedangkan “chu” artinya “bola dari kulit dan ada isinya”. Pada peraturan permainan sepak bola pada saat itu, bola yang digunakan terbuat dari kulit binatang dengan aturan menendang, menggiring dan memasukkannya ke sebuah jaring yang dibentangkan diantara dua tiang

Sejarah Sepak Bola

Kebanyakan kita hampir menyebutkan bahwa permainan sepak bola berasal inggris, namun hal tersebut bisa dibenarkan karena Inggris telah mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak sebagai sejarah sepak bola modern. Pada abad ke-19, sepak bola mulai dimainkan kembali secara modern pada sekolah-sekolah di Inggris, dengan berdirinya klub bola pertama yaitu: Sheffield Football Club pada asosiasi sekolah.
Kemudian bermunculan asosiasi sepak bola yang kemudian mengeluarkan peraturan-peraturan baku sepak bola dan sampai sekarang menjadi acuan permainan pada oleahraga sepak bola ini.

Nih,sebenernya aku juga ngak ngerti,tapi ngak papa-lah buat sekedar info :)

credits: http://blogging.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar