Minggu, 23 Februari 2014

Tutorial Mengepang Rambut

Untuk mereka yang sering menata rambutnya pasti sudah paham bagaimana mengepang rambut, sehingga tak heran mereka terlihat lebih cantik dengan gaya rambutnya.

Namun bagi anda yang masih belum tahu bagaimana cara mengepang rambut, tidak usah khawatir. Artikel ini akan membahas tentang beberapa tutorial rambut kepang.


Tutorial Rambut Kepang
Tutorial Rambut Kepang
Pada dasarnya mengepang rambut adalah membagi rambut menjadi tiga, kemudian menjalin tiga rambut tersebut menjadi satu, mulai dari rambut atas sampai dengan ujung rambut dan mengikat bagian ujung rambut dengan karet atau pita rambut. Namun dalam beberapa kasus mengepang rambut tidaklah semudah dengan teorinya.

Gaya rambut kepang masih menjadi tren pada dunia tatanan model rambut sampai saat ini. Sekarang-sekarang ini jenis kepang rambut semakin banyak dan sering kali dimodifikasi. Mulai dari gaya kepang rambut yang sederhana sampai  dengan gaya kepang rambut yang rumit yang sangat diminati oleh para wanita.

Tutorial Rambut Kepang Berdasarkan Tipe Rambut

Rambut Lurus

Tipe rambut ini termasuk rambut yang sehat dan cukup nutrisi. Namun dalam segi menjalin rambut menjadi satu, atau mengikat-ikat rambut ini sangatlah sulit karena tekstur rambutnya yang licin dan lembut.

Hindari mengepang rambut ketika rambut baru saja di keramas, sebaiknya lakukan pengepangan rambut satu hari setelah rambut di keramas. Saya sangat menyarankan agar tidak mengepang rambut ketika rambut dalam keadaan kotor.

Hal ini akan menyebabkan rambut menjadi gatal-gatal yang disebabkan oleh keringat maupun bakteri yang menempel pada rambut. Untuk mengurangi kelicinan rambut, semprotkan sedikit hairspray sebelum mengepang, agar menjadi sedikit kasat dan mudah untuk di atur.

Rambut Keriting

Untuk rambut yang keriting dan cenderung kering, gunakan krim perawatan rambut tanpa bilas sebelum mengepang rambut. Agar rambut tidak mengembang ketika rambut sudah di kepang, disarankan untuk mencuci rambut setelah melakukan kepang, berikan kondisioner, dan biarkan kering tanpa menggunakan hairdryer.

Rambut Kusam

Bagi rambut yang kusam dan mudah patah, sebaiknya melakukan kepang satu hari setelah melakukan perawatan masker atau creambath. Hal ini agar rambut berada pada keadaan yang lembab dan mengurangi patah-patah pada rambut.

Tutorial Rambut Kepang Berdasarkan Model

Beberapa model kepang rambut yang terkenal saat ini adalah French braid (kepang prancis), fishtail braid (kepang ekor ikan), milkmaid braid (kepang melingkari kepala), messy braid (Kepang acak), princess crown (mahkota puteri), playful, kepang samping dan boho braid (kepang dua sisi).

Semua jenis rambut kepang tersebut dapat membuat anda terlihat lebih cantik.


French Braid (Kepang Perancis)

Model kepang ini adalah model yang cukup klasik. Kepang ini sangat sederhana dan kita sering melihat kepang ini.

Mulailah dengan rambut bagian depan atas, pisahkan menjadi tiga bagian, dan mulailah melakukan anyaman pola kepang pada umumnya. Lakukan hal tersebut hingga ke ujung rambut kemudian ikat menggunakan karet.




Fishtail braid (Kepang ekor ikan)

Untuk tutorial rambut kepang ini hanya membagi rambut menjadi dua bagian saja. Ambilah sedikit rambut pada sisi kanan belakang rambut, pisahkan menjadi dua bagian, dan silangkan sampai bagian ujung rambut, tempatkan silangan rambut ini di Antara dua belahan rambut tengah.

Lakukan proses yang sama pada rambut bagian sisi kiri belakang, dan akan menghasilkan 2 kepangan rambut kiri dan kanan, silangkan kembali kedua kepangan tersebut menjadi satu sampai ke ujung rambut.

Setelah kepangan selesai keringkan rambut agar mendapatkan tampilan yang natural acak-acakan. Jangan terlalu kencang dalam mengepang rambut agar mendapatkan kepangan yang longgar.





Milkmaid Braid (Kepang melingkari kepala)

Untuk mendapatkan model kepang rambut ini, lakukanlah belah tengah pada rambut dari depan sampai belakang. Berikan pelembab rambut untuk mempermudah proses pengepangan.

Silangkan dua rambut yang telah di belah dengan simetris, untuk rambut yang sangat panjang mulailah menguncir dari bagian kepala yang lebih tinggi. Agar lebih menarik siapkan kain yang bermotif bunga atau berwarna yang panjangnya sesuai dengan panjang rambut.

Kepang rambut secara perlahan dan sisipkan kain diantara jalinan yang dibuat, tambahkan hairspray untuk menguatkan dan merapikannya. Pertemukan dua kepang diatas kepala dan jepit rapi dengan penjepit rambut hitam kecil, sehingga menjadi satu garis lengkung yang indah.






Playful (kepang empat baris)

Tariklah seluruh rambut kebagian kanan atau kiri sesuai dengan keinginan, bagilah rambut tersebut menjadi empat bagian, mulailah mengepang rambut dari bagian samping, lanjutkan kebagian tengah dan seterusnya. Ikatlah bagian ujung kepang dengan menggunakan karet atau tali.





credits: www.proviantaudio.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar